Pemimpin Ideal Muhammadiyah Tambaksari Surabaya

SeputarIndonesia.tv || Surabaya, - Tulisan ini ditujukan kepada warga persyarikatan Muhammadiyah khususon Muhammadiyah dalam lingkup Cabang Tambaksari.

Daerah yang dinobatkan sebagai kecamatan terpadat di Kota Surabaya dengan jumlah penduduk mencapai 239.272 jiwa tahun 2020 tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus muhammadiyah di daerah tersebut.

Sebagai warga yang berkedudukan di kecamatan Tambaksari siapa yang tidak tahu tentang Gelora 10 November atau biasa di sebut dengan Gelora Tambaksari yang berada di jalan Karanggayam, secara letak geografis ikut dalam kelurahan atau pimpinan ranting Muhammadiyah Tambaksari Surabaya.

Stadion yang cukup bersejarah ini sebagai homebase Persebaya Surabaya pada masa itu. Dan biasanya di gunakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tambaksari dalam penyelenggaraan lokasi sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Selain itu ada pula di jalan gersikan di kenal dengan pasar gersikan yang beroperasi hanya pada sore hari dan begitu dekat lokasinya dengan Panti Pesantren Muhammadiyah Tambaksari yaitu salah satu panti tertua dan legend di surabaya.

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar serta gerakan tajdid tentunya harus hadir di tengah masyarakat yang berbagai macam kultur dan budayanya sehingga Islam yang di fahami oleh Muhammadiyah dapat dicerna dan diterima oleh masyarakat.

Demikian sedikit pengantar singkat seputar Tambaksari dan Muhammadiyah di lingkungan tambaksari sebatas apa yang penulis ketahui.

Berbicara tentang pemimpin, setiap masyarakat menginginkan dan mendambakan sosok pemimpin yang ideal dan cocok sesuai dengan kultur dan budaya di wilayah tersebut.

Setiap pemimpin pun juga mempunyai karakter dan sifat kepemimpinan yang akan di terapkannya ketika dia memimpin.

Maka dari itu dua obyek ini harus bisa di satukan dalam visi dan tujuan yang sama untuk membangun masyarakat Islam yang maju dan berdaya.

Momentum Musycab (Musyawarah Cabang) yang di selenggarakan hanya satu kali dalam lima tahun setiap periodesasinya.

Jangan sampai di selenggarakan hanya untuk kegiatan rutinitas 5 tahunan dan penggugur kewajiban dalam melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dalam penyelenggaraan Musycab.

Seharusnya, warga Muhammadiyah Tambaksari sudah mempunyai grand design atau gambaran sosok pemimpin 5 tahun Muhammadiyah kedepan di Tambaksari.

Penulis disini berharap sosok pemimpin yang terpilih dalam Musyawarah Cabang ke-13 di Pacet Mojokerto pada tanggal 10-11 Juni 2023 adalah diantaranya :
1. Sosok pemimpin yang tentunya faham akan kultur dan budaya masyarakat Tambaksari sehingga program yang di laksanakan nanti adalah program - program sesuai dengan kebutuhan warga Muhammadiyah Tambaksari.

2. Sosok yang humanis tidak kaku yaitu yang asik dalam berkomunikasi dan bersosial dengan masyarakat sehingga nilai dakwah yang menggembirakan bisa masuk dan diterima oleh masyarakat tambaksari. Sebab dakwah sendiri harus menyenangkan dan menggembirakan sasaran dakwah yang dituju.

3. Sosok yang berfikir untuk Muhammadiyah di masa yang akan datang bukan hanya 1 periode yaitu memikirkan bagaimana roda kaderisasi Muhammadiyah di Tambaksari ini dapat berjalan dengan baik dan mempu dalam melihat dan mengarahkan kader Muhammadiyah sesuai dengan passionnya.

4. Sosok yang mau dan mampu membawa Muhammadiyah untuk bersinergi dengan lintas organisasi yang berada dalam lingkup tambaksari sehingga Muhammadiyah sebagai gerakan Islam mampu menunjukan rasa toleransi dan persaudaraan antar sesama muslim.

5. Sosok yang mampu menggerakkan Amal Usahanya, Tambaksari mempunyai kurang lebih 10 masjid dan musholla, 1 panti pesantren, dan 3 sekolah yaitu TK, SD dan SMP.

Amal Usaha yang sudah berdiri dan berjalan ini tinggal bagaimana bisa dikembangkan dan dikelola dengan manajemen yang baik dan maju sesuai dengan zamannya.

Misalnya, seluruh masjid muhammadiyah di Tambaksari harus mempunyai ciri khas dan wajib memberikan fasilitas wifi untuk jama’ahnya.

Selain itu fungsi masjid bukan hanya untuk kegiatan rutin seperti sholat dan kajian tapi di gunakan untuk pemberdayaan ummat.

6. Sosok yang mempunyai jiwa enterpreneur atau bahasa agama adalah jihad ekonomi, sudah saatnya Muhammadiyah Tambaksari membuat amal usaha dalam bentuk yang lain seperti sekolah sepak bola, supermarket, warkop dan lain sebagainya dalam bentuk apapun, sehingga Muhammadiyah Tambaksari bisa mandiri dalam hal finansial bukan hanya menggantungkan kepada sekolah, panti dan masjid saja.

Sebenarnya, masih banyak harapan penulis untuk kepemimpinan Muhammadiyah Tambaksari di periode yang akan datang, namun 6 poin itu dirasa sudah cukup jika nantinya PCM Tambaksari saling bersinergi dan kompak tidak hanya fokus urusan internal dan pembahasan program yang selesai dalam rapat periodik namun ada tindakan yang harus di wujudkan bersama.

Tambaksari Bangkit!

Penulis : M Alfian Hidayatullah (Kader Muhammadiyah Tambaksari Surabaya) Editor : Yuda 

COMMENTS

Berita lainnya:


Iklan Banner

Entri yang Diunggulkan

Tingkatkan Kualitas, Pemkot Surabaya Gelar Pelatihan Kreasi Minuman Kekinian Untuk Pedagang Serambi Ampel

SeputarIndonesia.tv || Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar pelatihan kewirausahaan gratis untuk puluhan pelaku UMKM Sera...

Nama

Adv,27,Aktifis,9,Antisipasi Kejahatan,49,Artikel,841,Arus Balik,7,Arus Mudik,6,bagikan bendera merah putih kepada pengendara,2,beri,1,Berita,15,Berita Jatim,99,Berita Nusantara,3,Berita Terkini,1476,Berita Utama,1964,Berita Utama Regional,3,Berita-Terkini,1465,Berita-Utama,745,Bisnis,1,Di Duga Pungli SMPN1 Kembangbau Lamongan akan Di Laporkan ke Kejaksaan,1,EkoBiz,18,Gaya-Hidup,253,Gelar donor darah,1,gelar Ops Gangguan Kamtibmas,2,Gresik,2,Halal Bihalal,1,Hukri.,2,HuKrim,1016,Hukrim - Kriminal,33,Hukum - Kriminal,110,Hukum - Krinimal,2,HW,1,Informasi Haji,1,Internasional,25,Kader,3,Kapolres Kediri Kota gelar sarapan bareng bersama paguyuban tukang ojek,1,Kediri Kota,2,Kesehatan,33,Komunitas,8,KPK,12,Kunjungan,5,Lakalantas,2,Liburan,2,Lomba,4,Malam Terikatan HUT RI ke- 78 2023,1,Narkoba,4,Nasiona,1,Nasional,1963,Nusantara,7,OlahRaga,71,Olaragah,7,Opini,1486,Opini Nasional,1,organisasi,71,Pariwisata,1,parkir sembarangan,2,partai,1,Patroli Gangguan Kamtibmas,1,Pemerintahan,941,Pemilu2024,62,Pendidikan,462,Pengobatan Gratis,1,Penguatan Pengawasan Polres Kediri Kota Adakan Tes Urine Dadakan,1,Peristiwa,152,Persyarikatan,1,Politik,167,Polres Bangkalan,1,Polres Gresik,1,Polres Kediri Kota,9,Polresta Sidoarjo,2,Polrestabes Surabaya,11,POLRI,1542,POLRI.,2,Polsek Gunung Anyar,1,Polsek Lakarsantri,1,Polsek Sawahan,1,Polsek Tandes,1,Polsek Tanggulangin,2,Polsek Tanggulangin gelar Jum'at Curhat,1,Polsek Tanggulangin Sidoarjo,1,Prestasi,4,Regional,2330,Religi,144,Sat Lantas Polrestabes Surabaya,1,Satlantas Polresta Sidoarjo,1,Satlantas Polrestabes Surabaya,11,Seni&Budaya,24,Sidoarjo,3,Silaturahmi ke Toko Agama,1,SindoTV,21,Sinergitas Juranlis,1,sosial,1316,Surabaya,6,TERKINI,26,Tips-Trick,3,TNI,210,TNI - POLRI,200,Ungkap Kasus Sembilan remaja Pengeroyokan,1,Utama,28,Wakapolda kunjungan ke Ponpes Al Salah Kediri,1,
ltr
item
SeputarIndonesia.TV - Berita terkini, informasi dan kabar terbaru hari ini seputar Indonesia, dunia,: Pemimpin Ideal Muhammadiyah Tambaksari Surabaya
Pemimpin Ideal Muhammadiyah Tambaksari Surabaya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgYE1nCWYRoexon4HfaPtUNEmyRuW7vYkUvjfTUNNA909qtqTdzhBouWA2lQ_j3hCux5pOrMhnxN7940CMvwQjz49i6Zajbh7tf_mn3mXQnQ7aYKQIVeWzX-_gZpyq6beBJTNNczWxQBqSYouEBLW7o1mcN82am82ZLhlGSoCq-V4Y0M0J0q0CbdaGy6w
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgYE1nCWYRoexon4HfaPtUNEmyRuW7vYkUvjfTUNNA909qtqTdzhBouWA2lQ_j3hCux5pOrMhnxN7940CMvwQjz49i6Zajbh7tf_mn3mXQnQ7aYKQIVeWzX-_gZpyq6beBJTNNczWxQBqSYouEBLW7o1mcN82am82ZLhlGSoCq-V4Y0M0J0q0CbdaGy6w=s72-c
SeputarIndonesia.TV - Berita terkini, informasi dan kabar terbaru hari ini seputar Indonesia, dunia,
https://www.seputarindonesia.tv/2023/05/pemimpin-ideal-muhammadiyah-tambaksari.html
https://www.seputarindonesia.tv/
https://www.seputarindonesia.tv/
https://www.seputarindonesia.tv/2023/05/pemimpin-ideal-muhammadiyah-tambaksari.html
true
3583147893699311730
UTF-8
Loaded All Posts KOSONG SEMUA Readmore BALAS Cancel reply HAPUS By Home TOPIK BERITA SEMUA IKLAN BACA DATA CARI SEMUA Not found any post match with your request KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy